Immunology, The Art Of War #1: Curhat Kuliah ‘n German E.coli Outbreak

Sebut aja Ebola, Yersinia pestis, HIV, H5N1… Bisa dibilang di sini kita mempelajari strategi perang, modus operasi senjata biologis, dan seluk beluk bioterorisme! Sang Profesor benar-benar memukau dengan kuliahnya! Walaupun nyaris nggak paham dengan semua materi yang disajikan (^^”), yang jelas ada satu hal penting yang berhasil aku pelajari: Imunologi tuh, subhanallah, SUPERKEREN!(^o^) Advertisements

Nasihat Ayah untuk Putrinya yang Jatuh Cinta

Posted on 03/12/2013 by Jamil Azzaini  | http://jamilazzaini.com Anakku, saat kau jatuh cinta,

Di Balik Disharmoni Dokter vs Masyarakat

Curhat. prihatin banget baca artikel2 ttg dokter belakangan ini.. apa sih untungnya “mengadu domba” dokter sama masyarakat sampe segininya??? ..supaya dokter indonesia jadi nggak berani bertindak shg ilmunya nggak maju2

Unbearable, Impuls untuk Bertanya, Chapt.#2

“Bertanya: Kunci untuk Membuka Ilmu,” Sabda Nabi Saw. Oleh Hernowo “Ilmu itu seperti perbendaharaan yang sangat berharga. Kuncinya adalah bertanya. Bertanyalah kalian, mudah-mudahan Allah merahmati kalian; karena dalam bertanya itu, ada empat kategori orang yang diberi pahala. Orang yang bertanya, orang yang mengajar, orang yang mendengarnya, dan orang yang menggemari mereka.” Setiap kali memulai kegiatan … Continue reading

Unbearable, Impuls untuk Bertanya

‘There are no foolish questions, and no man has become a fool until he stops asking questions.’ — Charles P. Steinmetz * Bertanya Sebagai Media Mencari Ilmu oleh Jalaluddin Rakhmat 

Ketika Si Dokter Dibilang Cantik

Hal yang diapresiasi oleh pasien dari dokternya tu biasanya tentang keramahannya, kebaikan hatinya, atau kepandaiannya mengobati. Bagaimana kalo pasien bilang dokter-nya cantik? Belajar dari pengalaman, itu hanya terjadi pada 3 kondisi:

Ramadhan si PPDS Junior

Ya Allah, ada satu kado Ramadhan yang benar-benar aku inginkan: akhlak yang baik. *** Lebih sadar dari siapapun, bahwa ini adalah deteriorasi. Semua energi, pikiran dilahap oleh dinding-dinding rumah sakit, hanya menyisakan kelelahan.  Lalu entah sejak kapan, tiap hari hanya rutinitas berlalu cepat, nyaris tanpa hati. Ah ya, hatiku.. ada di mana sebenarnya? Tidak pada … Continue reading

Balada Triage Pertama

Pertama kali jaga Triage IRD. Jumat, 10 Feb 2012. Shift 2, pukul 14.30 – 22.00. Waktu itu aku sedang memeriksa benjolan kemerahan pada lengan seorang ABG ketika perhatianku teralihkan oleh seorang wanita berusia 30-an berbalut daster dan ibu paruh baya yang mengikutinya, mereka melenggang masuk begitu saja ke dalam bilik periksa. Aku meminta pasienku untuk … Continue reading

Aku Ternyata

Akhir-akhir ini jadi lumayan sering bergumam, “Oooo, ternyata aku seperti itu ya..??” Jadi inget, pas jaman DM dulu pernah dapet teguran tentang “attitude” dari staf Saraf. Waaah, ngerasa terpukul banget waktu itu, aku pikir mending dianggap “bodoh” daripada nggak punya “attitude”.. Yah, selama belajar, sepertinya kelemahan-kelemahan kita ni diperlihatkan satu-persatu. Ada rasa takut, malu, marah, … Continue reading

Honeymoon di Neuro

Hari-hari pertama PPDS Neuro, klik dan baca di link ini. Juga Setelah Honeymoon, Fase Akut PPDS Neuro  🙂

Integrative Medicine Breakthrough 2011

Sebuah artikel menarik dari The Huffington Post, berjudul 11 Integrative Medicine Breakthrough 2011.