Mei 2012

3-4/5/12 – Kage Bunshin no Jutsu

Pagi hari, rasanya lemas dan bete. Eh, dalam perjalanan ke RS, ditelpon seorang mbak sejawat untuk menggantikan tugas jaganya malam ini krn sedang sakit. Wuaah, ndadak banget! Padahal bsk kan rencana mau DKJ! Hiiix, apa boleh buat, tmn2 lain nggak bisa ditukar jaganya krn jadwalnya mepet-mepet. Membayangkan diriku dalam posisi mereka, akhirnya “Oke2.. aku yang jaga!”
Ternyata pas maju precase, kasusku itu nggak perlu diajukan di DKJ! Fyuuuh, jadi rada relax, berkurang satu tanggungan^^. Seharian itu aku nyicil bikin resep pasien utk besok sambil ngikutin ilmiah. Jam 14.30 pulang ke rumah utk siap2 n ambil kostum jaga. Jam 16 ku balik ke RS. Hha, cuma 14 pasien titipan di Saraf A. Tapi sudah ditunggu pasien baru di Saraf B!  Lalu mulailah rutinitas hiruk pikuk jaga. Melayani berbagai keluhan. Mempertahankan kondisi pasien. Periksa  pasien-pasien baru…
Yang paling bikin heboh tu, biasanya pasien baru masuk saat injury time, dan biasanya kondisi pasien menurun tu pas jam2 segitu juga. Bener aja, jam 04.30 masuk 3 pasien baru (sebelumnya sudah masuk 4 pasien baru). Di saat yang sama, di Saraf B perawat melaporkan ada pasien yang kondisinya memburuk! Haaah.. pusing!>.<
Jam jaga pun usai, langsung disusul Morning Report. Pasien-pasienku sendiri (6 orang) blum sempat kuvisit, resep juga blum selesai kutulis. Bersyukur MR kali ini cukup singkat. Bisa mengurus administrasi pasien yang pulang (pasien ini nggak jelas diagnosis akhirnya apa, konsul dulu ke senior..), visite pasien, lalu nyiapin DKJ. Dan…. “Dokter, pasiennya tiba-tiba menggigil!”
Hhaaaa???!
Pasienku tampak pucat, lemah, sesak, menggigil hebat, hipertensi, takikardi.. setelah kuevaluasi, ini reaksi alergi obat! So, hentikan obat penyebab, injeksi Diphen, lapor supervisor, senior, farmasi, dan perawat. Observasi ketat hingga tengah hari..
Lalu aku teringat resep2 yang belum aku bagikan ke pasien-pasienku, dan.. “Dokter, ada pasien baru..”
Aaaaaaahhh, TIDAK! Seumpama bisa Kage Bunshin no Jutsu! >.< Pada saat bersamaan, aku ada jadwal LP dan kuliah Prof, lalu latihan untuk CNE!
Lalu tak terasa sudah jam 4 sore. Badan sudah berat, benar2 nggak sanggup lagi! Gara-gara kehebohan berantai ini aku sampe nggak makan sejak semalam. Hiiiiix… Untuk terakhir kali hari itu, kuperiksa kondisi semua pasienku, lalu pulang bersama adzan Maghrib, menyisakan list panjang hal-hal yang harus kulakukan akhir pekan ini di RS.

***

Sebanyak apapun tugas kita dan selelah apapun, kadang orang lain tidak bisa melihat itu. Tetap menuntut ini, itu. Sedih banget rasanya, kita sudah pontang-panting berusaha, tapi tetep aja dimarahin krn beberapa hal yg krn kehebohan itu jadi terlupakan. Yeah, that’s life.

Dan masih selalu mencari penghiburan dan ketenangan hati di musholla dan masjid itu, lalu teringat. Persis pada malam sebelumnya, saat belajar n nggarap tugas, aku menerima berita yg bikin rada2 broken heart^^. Tapi tetap saja…

Dengan naifnya berharap,
‘Cause if one day you wake up and find that you’re missing me
And your heart starts to wonder where on this earth I could be
Thinking maybe you’ll come back here to the place that we’d meet
And you’d see me waiting for you on the corner of the street

***

Aku pikir Allah menghiburku dengan segala hiruk-pikuk ini..

 

5/5/12 – Crossroad

Ada saatnya kita yakin untuk terus maju. Ada saatnya kita tahu harus sementara surut ke belakang. Ada saatnya kita tidak tahu harus melangkah ke mana. Dan saat itulah bertanya-tanya, “Mana yang Allah ridha?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: